4,5 Indosat ooredoo Sudah Di Luncurkan

operator telekomunikasi berlomba-lomba untuk menawarkan jaringan 4, 5 g diklaim lebih cepat hingga dua kali lebih tidak sedikit dibandingkan dengan 4 g LTE. Seusai Telkomsel dan XL, giliran Indosat sekarang untuk mengimplementasikan jaringan 4, 5 g.

Jadi, untuk apa, implementasi jaringan 4 5 g? Mengapa tidak berangkat langsung ke 5 g?
Menurut wawancara Group Head Jaringan Taktik dan Solusi Indosat Ooredoo, Yune Marketatmo, setidaknya ada tiga kegunaaan dari pelaksanaan jaringan baru ini.

Pertama, 4 g optimalisasi jaringan LTE. Pada dasarnya, jaringan 4, 5 g telah dikembangkan sejak 2012 lalu berbarengan dengan modernisasi jaringan. Tidak ada infrastruktur baru, melainkan modifikasi yang telah ada.

Dengan demikian, perangkat yang tidak mendukung 4, 5 g lain bisa sangatlah merasakan kegunaaan meskipun tidak maksimal. Yune menyatakan semua perangkat 4 g bakal setidaknya merasa kecepatan meningkat 20 persen.

Kedua, pertanyaan efisiensi. 4, 5 g jaringan dimungkinkan oleh berbagai implementasi teknologi, semacam agregasi, besar MIMO operator, 256 skema modulasi QAM, dan seluler agregasi / WiFi.

agregasi operator sebetulnya telah diterapkan pada 4 g, tetapi terbatas pada pengperpaduan dari tiga band. Sementara itu, agregasi pembawa di 4, 5 g memungkinkan pengperpaduan lebih band, jadi lebih efisien.

Baca: Internet 4, 5 g Telkomsel Tembus 1 Gbps di Pondok Indah

Begitu juga dengan pengperpaduan spektrum seluler dengan spektrum ke jaringan WiFi. Penerapan teknologi tersebut bakal tutorial yang lebih fleksibel dan efisien untuk mengakomodasi keperluan internet semakin berkembang.

“Teknologi yang kami gunakan bakal menambah kecepatan, mengurangi latency, dan peningkatan kapasitas dengan infrastruktur jaringan yang lebih efisien,” jelas Yune.

Ketiga, persiapan untuk 5 g. Jaringan 4, 5 g diperkenalkan dan-di jalan menuju pelaksanaan jaringan 5 g. Saat ini, jaringan telah didefinisikan dalam dunia global 5 g tapi belum sangatlah menyadari.

5 jaringan g bakal berbarengan dengan pelaksanaan Internet of Things (IOT), di mana konektivitas tidak cuma pada device tapi semua benda. Pelaksanaan IOT umpama mobil ini tanpa awak, kulkas pintar, mesin cuci pintar, dll

Nah, prinsip-prinsip pada 4, 5 g (PDC) sebesar 5 g, peningkatan kecepatan yaitu, latency rendah, dan peningkatan kapasitas. Tapi, 5 g dimungkinkan oleh infrastruktur baru yang sekarang tetap sedang dikembangkan. Intinya, 4,5 G bisa didefinisikan sebagai pengenalan kepada kegunaaan dari 5 g.

sumber kompas.com

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s